Konsep Teknologi Konvergensi Dan New Media
Pengertian Konvergensi Media
Konvergensi berasal dari bahasa Inggris yaitu convergence. Kata konvergensi merujuk pada dua hal/benda atau lebih bertemu dan bersatu dalam suatu titik (Arismunandar, 2006: 1) . Konvergensi akan mudah dibayangkan jika menggunakannya dalam ilmu fisika khususnya tentang cahaya. Cahaya matahari datang dari berbagai sudut yang kemudian dikumpulkan atau dibiaskan oleh loop (kaca pembesar) pada satu titik. Penggabungan berkas-berkas cahaya tersebut adalah peritiwa konvergensi.
Sehingga, konvergensi
media berarti penggabungan atau pengintegrasian media-media yang ada untuk
digunakan dan diarahkan ke dalam satu titik tujuan. Istilah konvergensi secara
umum juga merujuk pada kaitannya dengan perkembangan teknologi komunikasi dan
informasi (TIK). Kata konvergensi ini umum dipakai dalam perkembangan teknologi
digital, integrasi teks, angka, gambar, video, dan suara.
Konvergensi jaringan adalah konsistensi
efisien telepon, video dalam satu jaringan. Penggunaan beberapa mode
komunikasi dalam jaringan tunggal menawarkan kenyamanan dan fleksibilitas bukan
tidak mungkin dengan prasarana yang terpisah.
Dampak Konvergensi Media
Konvergensi media juga mengubah hubungan antara teknologi, industri, pasar, gaya hidup dan khalayak. Singkatnya, konvergensi mengubah pola-pola hubungan produksi dan konsumsi, yang penggunaannya berdampak serius pada berbagai bidang seperti ekonomi, politik, pendidikan, dan kebudayaan.
Misalnya saja, bagaimana surat kabar harian Kompas yang dulunya hanya
menyediakan berita di media cetak kemudian menghadapi perubahan teknologi yang
drastis ini. Ternyata Koran kompas juga mengikuti perkembangan teknologi
sehingga juga menyediakan berita di internet seperti kompas.com atau detik.com.
Dengan tersedianya berita di internet yang bisa dikonsumsi dengan computer
bahkan sekarang bisa mengkonsumsi berita dengan handphone (Hp), sehingga
masyarakat bisa dengan mudah mendapatkan informasi, hiburan, sosial, politik,
bahkan bidang ekonomi ( misalnya, saat ini, orang tidak perlu repot lagi jika
ingin berbelaja sesuatu, dari ponsel yang dimiliki bisa melakukan banyak hal
misalnya membaca koran di pagi hari, bertegur sapa dengan para kolega, mengirim
pesan penting dalam bentuk yang singkat (SMS) atau panjang melalui email,
melakukan rapat-rapat penting, sampai pada melakukan transaksi dalam jumlah
yang besar. Semua konten tersebut hadir dalam satu platform media.
Konsep Jejaring Sosial
Definisi Konsep Jejaring Sosial
Jejaring
Sosial merupakan sebuah web berbasis pelayanan yang memungkinkan penggunanya
untuk membuat profil, melihat list pengguna yang tersedia, serta mengundang
atau menerima teman untuk bergabung dalam situs tersebut.
Konsep dasar situs jejaring sosial ialah menyediakan
layanan senyaman mungkin kepada pengguna dalam melakukan kegiatan sosial di
dalam ruang virtual. Hal yang harus dilakukan sebelum menggunakannya, pengguna
harus melakukan registrasi, dari membuat ID dan password hingga identitas
pribadi, jika mereka ingin mengakses konten – konten di dalamnya.
Biasanya situs jejaring sosial memiliki fasilitas pertemanan (Facebook,
Twitter), dimana para pengguna akan mengajak teman atau kerabat untuk bergabung
dan menjadi pengguna dalam situs tersebut. Dan ada juga yang menyediakan
fasilitas komersial untuk jual beli contohnya situs kaskus.co.id. Inilah
yang menjadi cara utama situs jejaring sosial untuk menarik banyak pengunjung
ke dalam situs mereka.
Sejarah Jejaring Sosial
Sejak komputer dapat dihubungkan satu dengan lainnya
dengan adanya internet banyak upaya awal untuk mendukung jejaring sosial
melalui komunikasi antar komputer. Situs jejaring sosial diawali oleh
Classmates.com pada tahun 1995 yang berfokus pada hubungan antar mantan teman
sekolah dan SixDegrees.com pada tahun 1997 yang membuat ikatan tidak langsung.
Situs ini memiliki aplikasi untuk membuat profil, menambah teman, dan mengirim
pesan.
Dua model berbeda dari jejaring sosial yang lahir
sekitar pada tahun 1999 adalah berbasiskan kepercayaan yang dikembangkan oleh
Epinions.com, dan situs sosial lunarstorm, live journal, Cyword yang berfungsi
memperluas informasi secara searah yang berbasiskan pertemanan seperti yang
dikembangkan oleh Uskup Jonathan yang kemudian dipakai pada beberapa situs UK
regional di antara 1999 dan 2001. Inovasi meliputi tidak hanya memperlihatkan
siapa berteman dengan siapa, tetapi memberikan pengguna kontrol yang lebih akan
isi dan hubungan. Tahun 2002, muncul friendster sebagai situs anak
muda pertama yang semula disediakan untuk tempat pencarian jodoh. Dalam
keanjutannya, friendster ini lebih diminati anak muda untuk saling berkenalan
dengan pengguna lain. Tahun 2003, muncul situs sosial interaktif lain menyusul
kemunculan friendster, Flick R, You Tube, Myspace.
Pada
tahun 2005, layanan jejaring sosial MySpace, dilaporkan lebih banyak diakses
dibandingkan Google dengan Facebook, pesaing yang tumbuh dengan cepat. Jejaring
sosial mulai menjadi bagian dari strategi internet bisnis sekitar tahun 2005
ketika Yahoo meluncurkan Yahoo! 360°. Pada bulan juli 2005 News Corporation
membeli MySpace, diikuti oleh ITV (UK) membeli Friends Reunited pada Desember
2005. Diperkirakan ada lebih dari 200 situs jejaring sosial menggunakan model
jejaring sosial ini.
Beberapa jenis jejaring sosial yang terkenal saat ini
adalah :
1. Facebook
2. Twitter
3. Foursquare
4.
Instagram
5.
Linked
In
6. Tumblr
7. Soundcloud
8. Youtube
9. Pinterest
10. Path
Konsep RSS
Definisi RSS :
RSS adalah sebuah file berformat XML
untuk sindikasi yang telah digunakan (diantaranya dan kebanyakan) web
berita dan weblog. Singkatan ini biasanya mengarah ke beberapa singkatan yaitu
:
Rich Site Summary (RSS 0.91)
RDF Site Summary (RSS 0.9 and 1.0)
Really Simple Syndication (RSS 2.0)
Sejarah RSS :
RSS
pertama kali diperkenalkan oleh Netscape pada tahun 1999 yang digunakan pada
situs My.Netscape.com. Pada waktu itu RSS yang keluar pertama kali adalah RSS
versi 0.9 dan kepanjangan RSS waktu itu adalah RDF Site Summary.
Tahukah
anda, bahwa logo RSS yang berwarna orange dan ada gambar sinyal radio nya itu
pertama kali digunakan oleh browser Mozilla Firefox pada tahun 2005.Dan untuk
pertama kalinya Internet Explorer bekerjasam dengan Mozilla yaitu IE tertarik
menggunakan icon RSS pada Firefox dan menggunakannya di browser IE7. Setelah
itu Opera pun mengikutinya dan sekarang icon tersebut telah menjadi simbol RSS.
Sekarang
RSS telah ada dalam versi RSS 2.0 dan kepanjangannya sudah ganti menjadi Really
Simple Syndication.Bahkan variannya juga sudah mulai banyak seperti Atom dan
Podcasts.Tetapi RSS masih tetap paling populer karena kemudahannya sampai saat
ini.Oke sekarang jika anda menemukan website yang menyediakan RSS ini berarti
anda dapat menampilkan sepenggalan berita pada website tersebut kedalam website
anda.Dan karena RSS bentuknya XML anda tentu harus mengubah isi RSS tersebut /
Parsing kebentuk yang kita inginkan, atau minimal enak dibaca.Karena RSS
berbentuk XML maka kita perlu mengetahui dulu strukturnya.
Berikut ini
10 manfaat dan kelebihan RSS:
- Menjalin hubungan lebih erat dengan pelanggan. Pelanggan yang mendaftar RSS anda akan terus mendapatkan informasi terkini mengenai bisnis anda.
- Hasilkan lebih banyak traffik. Memanfaatkan RSS akan menghasilkan lebih banyak traffik buat anda.
- Jaminan konten sampai. Beda dengan email marketing yang kadang tak sampai 100% berhasil masuk ke email pelanggan, menggunakan RSS pasti sampai ke alat RSS mereka.
- Pengunjung mudah mensubscribe. Mendaftar di RSS sangat mudah. Pengunjung tak repot untuk melakukannya.
- Menerbitkan konten sangat mudah. Update konten terbaru akan sampai di RSS reader pembaca.
- Mudah menyebar di internet. Melalui RSS, konten dan berita dari website anda mudah tersebar secara luas di internet.
- Membuat pengunjung datang lagi. Pengunjung yang baru pertama kali datang ke website atau blog anda, setelah mendaftar di RSS, besar kemungkinan akan datang kembali.
- Membentuk target kontak tertarget. Secara otomatis, mereka yang tak tertarik dengan konten anda tak akan mendaftar. Sebaliknya mereka yang tertarik akan mendaftar.
- Tempat iklan. Sekalipun perkembangan iklan di RSS tak sekencang di tempat lainnya, namun tak menutup kemungkinan nantinya akan menjadi salah satu alternatif utama beriklan.
- Melihat kebiasaan pengunjung. Melalui RSS juga bisa dilacak bagaimana kebiasaan pelanggan RSS anda. seberapa sering membaca dan mengklik link konten anda melalui feed.
Definisi Podcasting
Podcast
adalah jenis media digital yang terdiri dari serangkaian episodik audio, video,
PDF, atau file ePub file berlangganan dan download melalui sindikasi web atau
streaming secara online ke komputer atau perangkat mobile.
Podcast
berasal dari "broadcast" dan "pod" dari kesuksesan iPod,
podcast sering digunakan untuk mendengarkan pada pemutar media portabel. Dalam
konteks perangkat Apple, istilah "Podcast" mengacu pada audio dan
versi video podcast, sedangkan versi tekstual podcast diklasifikasikan dalam
aplikasi yang dikenal sebagai Newsstand.
Manfaat dari Podcasting
- Podcasting menyenangkan, karena semua orang dapat ikut terlibat, mengekspresikan diri, atau bertukar pikiran dan produk mereka.
- Dalam podcasting, ribuan orang sudah terlibat, setiap orang berbeda dengan podcasting mereka. Dan tidak perlu sebuah Studio atau sebuah lisensi FCC.
- Hanya memerlukan sebuah microphone, komputer dan sesuatu yang dapat dibagikan.
- Mudah untuk dikendalikan.
- Tidak perlu takut kepada spam atau virus, karena Podcasting menggunakan RSS.
Referensi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar