Senin, 13 Maret 2017

Penerapan Komputasional Modern Pada Perusahaan Pizza Hut

            Disini saya ingin berbagi sedikit tentang analisa saya mengenai website  perusahaan yang menerapkan komputasi modern . Dan saya memilih sebuah perusahaan yang cukup dikenal luas oleh semua masyarakat yaitu perusahaan PIZZA HUT. Dari waktu ke waktu perkembangan teknologi sangatlah signifikan. Sehingga banyak sekali perusahaan yang mempromosikan produknya melalui teknologi komputer , salah satunya seperti membuat website yang berisi semua menu yang berada diperusahaan, dan sekarang sudah mulai meningkat dengan adanya pemesanan produk tersebut secara online.
            Yang akan saya bahas disini adalah pemahaman tentang penerapan komputasi modern pada website sebuah perusahaan, memberikan contoh dari salah satu perusahaan yang menerapkan komputasi modern, dan saya akan menarik kesimpulan mengenai kelebihan dan kekurangan dari website yang saya pilih sebagai objek penelitian.

Komputasi Modern
            Komputasi modern adalah sebuah konsep sistem yang akan menyelesaikan masalah matematis menggunakan komputer dengan cara menyusun algoritma yang dapat dimengerti komputer yang berguna untuk menyelesaikan suatu masalah. Perhitungan komputasi modern adalah akurasi , kecepatan, problem , volume, dan besar kompleksitas. Manfaat dari komputasi modern adalah untuk membantu manusia dalam menyelesaikan masalah masalah yang kompleks dengan menggunakan komputer.

Contoh Penerapan Komputasi Modern Pada Website Perusahaan
            Komputasi modern sudah banyak sekali digunakan dalam website perusahaan khusus nya dalam pemasaran produk ataupun pemesanan secara online. Untuk mengetahui dengan lebih jelas disini saya akan membahas mengenai  salah satu perusahaan yang menerapkan komputasi  modern yaitu PIZZA HUT. PIZZA HUT merupakan sebuah website yang bergerak dibidang kuliner yang mempunyai 3 sistem pembelian yaitu Pembelian Langsung, Pembelian Take Away, Pembelian secara online. Yang akan saya bahas dibawah ini mengenai fitur – fitur apa saja yang disediakan, kecepatan website, dan proses pembelian secara online. Dan saya memulai analisa ini dengan masuk menggunakan link ini  http://www.pizza.co.id/. Berikut ini adalah berbagai tampilan yang ada didalam website tersebut :

Halaman Utama Website PIZZA
            Pada tampilan halaman utama diatas terdapat 2 gambar yang sangat besar, maksud dari gambar tersebut adalah untuk membedakan antara website yang dibuat untuk pengunjung yang langsung ke tempat dan website yang dibuat untuk pemesanan secara online.

1.    Halaman Utama Website Restoran Pizza Hut
              Pada tampilan halaman utama diatas terdapat beberapa menu, pencarian lokasi, dan beberapa slide gambar promo. Menu yang terdapat pada Halaman awal adalah menu yang berisi semua makanan yang diproduksi, promosi produk-produk tertentu, lokasi restoran pizza hut, about us, nutrifact, dan gift vocher.

      a.      Halaman Lokasi
            Pada tampilan gambar diatas berfungsi untuk mencari lokasi dari restoran pizza hut berada dari berbagai kota yang ada diindonesai. Tampilan awal adalah menampilkan lokasi restoran-restoran yang terbaru, jika ingin melihat lokasi berdasarkan kota maka anda dapat memilih pada menu pilihan kota. Atau bisa juga dengan mencari lokasi langsung pada fitur pencarian pada bagian atas website.

      b.      Halaman Menu
            Pada tampilan gambar diatas terdapat berbagai macam kategori menu seperti pizza, pasta, nasi, minuman, dan lain sebagainya. Di dalam menu ini terdapat gambar dan deskripsi singkat mengenai masing-masing menu .

      c.       Halaman About US   
            Pada tampilan gambar diatas berisi semua informasi tentang restoran pizza hut tersebut, Baik dari informasi tentang restoran, tentang pekerjanya, maupun kegiatan yang berlangsung direstoran pizza hut.


      d.      Halaman Nutrifact
            Pada tampilan gambar diatas berfungsi untuk untuk mengetahui berbagai macam manfaat dari bahan – bahan yang digunakan untuk pembuatan menu-menu yang ada pada restoran tersebut.  Dan juga terdapat info nutrisi yang terkandung dari setiap menu tersebut.

      e.      Halaman Email Promosi
            Pada tampilan gambar diatas berfungsi untuk mendapatkan informasi promosi dari restoran tersebut dengan mendaftarkan email yang kita miliki. Maka setiap ada informasi promosi akan masuk pada email pendaftar.

2.    Halaman Utama Website Pizza Hut Delivery
            Pada tampilan halaman utama diatas terdapat beberapa kategori menu yang dapat kita pesan secara delivery. Tapi beberapa menu yang ada pada pizza hut ada yang tidak bisa didelivery, dikarenakan delivery ini hanya dibatasi waktu 30 menit sampai pada tempat tujuan. Sehingga untuk makanan yang memiliki proses pembuatannya lama tidak terdaftar pada menu delivery. Pada pemesanan ini delivery ini  dibutuhkan waktu 30 menit sampe tujuan, 15 menit untuk pemasakan dan 15 menit untuk pengantaran. Ini membuat pemesanan delivery mempunyai batas cakupan wilayah, yaitu hanya berjarak 15 menit pengantaran antara outlet maupun tempat pemesanan. Jika pengantaran pemesanan terlambat atau lebih dari 30 menit, maka pemesan akan mendapatkan 1 pizza gratis. Dan untuk bisa memesan secara online, maka pemesan harus membuat akun terlebih dahulu.

      a.      Halaman Register
            Pada tampilan gambar diatas berfungsi untuk membuat akun pada pizza hut delivery, Karena jika tidak maka pelanggan tidak bisa memesan secara online. Terdapat 2 form yang harus diisi, pertama form mengenai data diri, dan yang kedua adalah dengan memasukan email sebagai bukti yang real.

      b.      Halaman Menu
            Pada tampilan gambar diatas berfungsi untuk melihat menu apa saja dan untuk memesan menu tersebut. Terdapat perbedaaan diantara dua gambar diatas yaitu terdapat menu yang belum ada harga nya , dan yang satu lagi sudah ada harganya. Mengapa itu bisa terjadi?? Itu terjadi karena saat pemesan belum login maka tidak akan ada harga dari menu tersebut. Jika pemesan sudah login maka mereka bisa melakukan transaksi pemesanan.

      c.       Halaman Order Pesanan      
            Pada tampilan gambar diatas berfungsi untuk melakukan proses pemesanan, dapat dilihat pada gambar diatas terdapat 2 jenis pemesanan yaitu Delivery dan Takeaway. Pemesannya bisa dilakukan langsung ataupun dengan mengatur permintaan waktu pengantaran.  Pada pemilihan waktu dapat memilih 24 jam pengantaran, namun kenyataannya waktu kerja outlet nya hanya sekitar jam 10.00 sampai jam 23.00 sehingga dapat dilihat pada contoh gambar diatas jika pemesan memilih waktu diluar jam kerja, maka ada deskripsi bahwa tidak bisa melakukan pengantaran pada jam tersebut. Dan disini kita bisa memilih alamat lokasi pengantaran yang paling terdekat dari tempat PHD tersebut. Jika jarak pengantaran yang dibutuhkan melebihi 15 menit, maka lokasi pengiriman tidak akan diproses.


      d.      Halaman Konfirmasi Pesanan
            Pada tampilan gambar diatas berfungsi untuk mengkonfirmasi pemesanan yang sudah dipilih dan juga terdapat fitur untuk menambah pesanan lain , dan juga terdapat fitur untuk pengaturan jumlah pesanan menu. Jika sudah selesai dengan pemilihan pesanan maka bisa mengklik check out.
            Pada tampilan gambar diatas merupakan tampilan setelah menekan checkout. Disini terdapat form data pemesan secara detail, didalam form tersebut diwajibkan untuk memasukan email dan nomer telpon untuk mempermudah konfirmasi pesanan. Jika sudah selesai klik lanjut.
            Pada tampilan gambar diatas berfungsi untuk menentukan proses pembayaran, dan terdapat pembayaran dengan online, maupun secara payment on delivery atau cash. Dan disini wajib untuk mencentang persetujuan kebijakan privasi. Jika sudah selesai klik tempatkan pesanan saya. Setelah selesai ,tunggu saja panggilan telpon atau konfirmasi pesanan dari email.

      e.      Konfirmasi pesanan email
            Jika sudah melakukan transaksi pemesanan secara online , maka pemesan akan ditelpon langsung dari pihak pizza hut. Namun jika telpon tersebut tidak terangkat, maka pihak pizza akan mengirimkan konfirmasi pemesanan . jika belum ada konfirmasi dari pemesan maka pemesanan tidak akan diproses.


      f.      Halaman Status Pemesanan
            Jika sudah mengkonfirmasi pesanan pada email, maka pemesan akan mendapatkan nomor pengantaran dari email. Dan jika anda ingin melihat status pesanan bisa dilihat pada gambar diatas tersebut , dengan cara memasukan nomer pengantaran yang didapat dari email konfirmasi.



Kesimpulan    :
            Dari analisa yang telah saya lakukan maka saya bisa mengatakan bahwa perusahaan pizza hut ini memang sudah menggunakan komputasi modern terutama dalam layanan delivery secara online. Di dalam website ini terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan.

            Kelebihan pada website ini adalah tampilan yang sederhana membuat pengguna mudah memahi nya, kecepatan akses web cepat padahal didalam web tersebut banyak sekali gambar yang akan mempengaruhi kecepatannya, respon dalam pemesanan sangat cepat sekali karena saya pernah mencobanya, pemesanan dapat diatur waktu pengantarannya, terdapat fitur nutrifact untuk mengetahui manfaat dari bahan-bahan yang dibuat dan ini sangat jarang ditemukan pada websitu produk makanan lainnya.


            Kekurangan pada website ini adalah jika ingin memesan secara online, maka harus menjadi member atau mendaftar terlebih dahulu di dalam website tersebut, pelayanan tidak 24 jam sehingga membuat pelanggan tidak nyaman, pada website restoran sebaiknnya ditambahkan fitur untuk mengetahui keberadaan pemesan dengan outlet terdekat , dan juga menambahkan GPS agar konsumen yang ingin ketempat nya langsung dapat mengetahui lokasinya dengan mudah, dalam fitur status hanya ada gambar saja tidak ada penjelasan proses awal dan berakhir pada jam berapa sehingga jika terjadi keterlambatan maka pelanggan dapat memprotes waktu pengantaran, seharusnya dibuat tambahan testimoni dari pemesanan delivery tersebut agar membuat konsumen tambah yakin untuk memesan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar